dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Hasil Laporan Hasil Diskusi Oleh Siswa Kelas XI SMK Yayasan Pendidikan Darma Bakti 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 orang , penelitian ini menggunakan populasi sebagai sampel sebab jumlah siswa pada kelas XI SMK Yayasan Pendidikan Darma Bakti 1 Medan berjumlah kurang dari 100.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen One group Pretest –Posttest. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni tes penugasan. Metode Penelitian ini bersifat pengaruh dengan menggunakan rumus uji “t”.
Dari pengelolahan data diperoleh nilai rata- rata sebelum adanya perlakuan (tanpa model Problem Based Learning) yaitu 62,14 dengan standar deviasi 11,16 dan nilai rata-rata siswa sebelum adanya perlakuan (tanpa model Problem Based Learning. Nilai rata- rata post-test 76,28 dengan standar deviasi 10,71. Normalitas hasil kemampuan menulis hasil laporan diskusi sebelum menggunakan model Problem Based Learning (PBL) atau pre-test,ternyata L_(hitung<〖L 〗_tabel ) yaitu 0,1357<0,1498 membuktikan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Normalitas hasil kemampuan menulis hasil laporan diskusi setelah adanya perlakuan model Problem Based Learning (PBL) ternyata post-test L_hitung<L_tabelmembuktikan bahwa data post-test berdistribusi normal. Homogenitas data dilakukan uji homogenitas dua varians L_hitung= 1,08 dengan dk pembilang 34, dari distribusi F untuk α = 0,05 diperoleh αF_tabel untuk pembilang dan penyebut 34 yaitu F_tabel = 1,78 jadi F_hitung<F_tabel yakni 1,08< 1,78. Hal ini menunjukkan kedua variabel tersebut homogen. Hipotesis yaitu t_0>t_tabel yakni 5,65 >2,04 telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (H_a) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis hasil laporan diskusi oleh siswa kelas XI SMK Yayasan Perguruan Darma Bakti 1 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. | en_US |