dc.description.abstract | PenelitianinibertujuanuntukmenegetahuitentangEfektivitas Model PembelajaranAktif Learning Tipe Inside Outside Circle dalamMeningkatkanKemmapuanMenulis Drama Siswa SMA Negeri 1 SipoholonTahunPembelajaran 2016/2017.
Instrument yang digunkandalampengumpulan data dalammpenelitianiniadalahtespengusanmenulis drama.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahclauster samplingPopulasidalampenelitianiniadalahsiswa SMA Negeri 1 SipoholonTahunPembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 60 siswa.Nilaitertinggipadakelaseksperimenadalah 90, terendah 60 danmemilikinilai rata-rata 81,16padakelaseksperimen. Sedangkankelaskontrolnilaitertinggi 85 danterendah54 danmemilikinilai rata-rata kelaskontrol 66,53. Dengandemikian, dapatdikatakanbahwanilaiteskelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.
Dari analiis data denganmenggunkanujit diperolehselanjutnyadikonsultasikandengantabelpadatarafsignifikan 5% dengandk=(N1+N2)-2=58 L_hitung = 0,161. . Kriteriapengujianmenyatakanbahwaterimahipotesisjika t hitung> t tabel (-0,63>58). Makahipotesispenelitianyakni, efektivitas model pembelajaranaktif learning tipe inside otside circlelebihefektifdaripadatidakmenggunakan model pembelajaranaktif learning tipe inside outside circle. | en_US |