Show simple item record

dc.contributor.authorSIMANJUNTAK, DELIMA
dc.date.accessioned2022-01-28T05:04:20Z
dc.date.available2022-01-28T05:04:20Z
dc.date.issued2022-01-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6386
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 142 siswa sedangkan jumlah sample adalah 34 siswa. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji multikolineearitas, Uji Regresi Berganda, Uji Hipotesis Secara Parsial (uji t), Uji Secara Simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan peran guru terhadap hasil belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y= 58,457+ 0,303X1 + 0,119X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung>ttabel (6.642 > 2.040) dan nilai signifikan kompetensi pendidikan karakter adalah 0.000 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung>ttabel (2,327 > 2,040) dan nilai signifikan peran guru adalah 0.027 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara peran guru terhadap hasil belajar.en_US
dc.subjectPendidikan Karakter Dan Peran Guru Terhadap Hasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN PERAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record