Show simple item record

dc.contributor.authorSIMANIHURUK, JOYA K.
dc.date.accessioned2022-01-26T05:48:23Z
dc.date.available2022-01-26T05:48:23Z
dc.date.issued2022-01-26
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6329
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan . Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes post test siswa berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 67,35 dengan standar deviasi 13,64. Hasil uji prasyarat data post test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis regresi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut dapat di simpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi keterampilan proses peserta didik dan diperoleh nilai akhir 83,00 dengan kategori penilaian aktif. Dan untuk observasi keterampilan mengajar guru, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berorientasi HOTS diperoleh nilai akhir 89, 3 dengan kategori sangat baik.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran berbasis masalah (PBL),en_US
dc.subjectHOTS,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematis.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) BERORIENTASIHOTS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAH MATEMATIS PESERTADIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUANT.P 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record