dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan kualitas produk baik secara parsial maupun secara simultan terhadap peningkatan volume penjualan suku cadang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) yang telah disebar melalui Google Form.
Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri dari harga dan kualitas produk,
sedangkan variabel terikatnya adalah volume penjualan. Pengujian instrumen
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan metode analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien
determinasi R2.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Harga (X1) memiliki nilai t hitung sebesar 5,371 dengan tingkat probabilitas (sig) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Apabila dibandingkan dengan t tabel, nilai t hitung pada variabel Harga (X1) lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,986 (5,371>1,986). Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa variabel Harga (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Volume Penjualan. Hal ini menujukkan bahwa H1 diterima.
Variabel Kualitas Produk (X2) memiliki nilai t hitung sebesar 6,920 dengan tingkat
probabilitas (sig) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < dari tingkat signifikansi
0,05. Apabila dibandingkan dengan t tabel, nilai t hitung pada Harga lebih besar
dari nilai t tabel sebesar 1,986 (6,920>1,986). Dari penjelasan tersebut, dapat
disimpulkan bahwa variabel Kualitas Produk (X2) memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Volume Penjualan. Hal ini menunjukkan bahwa H2 diterima.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa harga dan kualitas produk
suku cadang mempunyai pengaruh yang positif dengan peningkatan volume
penjualan. | en_US |