Show simple item record

dc.contributor.authorLASE, ANGGI CHRISTINA
dc.date.accessioned2022-01-17T06:02:25Z
dc.date.available2022-01-17T06:02:25Z
dc.date.issued2022-01-17
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6194
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kls VIII SMP Swasta Budi Setia.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes post test siswa berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan pada peserta didik.Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata post test kelas eksperimen 65,26 dengan simpangan baku 20,03. Hasil uji prasyarat data post test menyatakan sampel terdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji analisis regresi dengan α = 0,05. Dari uji tersebut dapat di simpulkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Selama pembelajaran di kelas eksperimen, dilakukan observasi pada peserta didik dan diperoleh nilai akhir dengan kategori penilaian aktif.Dan untuk observasi keterampilan mengajar guru, dengan menggunakan model pembelajaran problem solvingdiperoleh nilai akhir dengan kategori sangat baik.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Solving,en_US
dc.subjectKemampuan penalaran Matematis.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DIKELAS VIII SMP SWASTA BUDI SETIAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record