ANALISA LALU LINTAS TERHADAP KAPASITAS JALAN DI KOTA MEDAN (Studi Kasus : Jalan H.M Said)
dc.contributor.author | ZAI, CHAIRIT ARFAN | |
dc.date.accessioned | 2022-01-15T04:04:43Z | |
dc.date.available | 2022-01-15T04:04:43Z | |
dc.date.issued | 2022-01-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6148 | |
dc.description.abstract | Kota Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara dan salah satu daerah dengan tingkat gangguan lalu lintas yang cukup besar. Kota Medan juga merupakan kota dengan tingkat perkembangan penduduk tinggi. Hal ini diprediksi akan mempengaruhi permasalahan transportasi. Keadaan ini dialami oleh Jalan H.M Said sebagai salah satu jalan di pusat perkotaan yang cukup sering terjadi masalah. Analisis dan evaluasi perlu dilakukan agar tercipta efisiensi dan kenyamanan dalam berlalu lintas. Dalam hal ini dilakukan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk memperhitungkan kinerja lalu lintas yang meliputi analisis operasional dan perencanaan untuk ruas jalan perkotaan. Selanjutnya untuk menentukan kriteria tingkat pelayanan (LOS) mengacu pada peraturan menteri Perhubungan No: KM 14 tahun 2006. Kecepatan kendaraan ringan sebagai parameter kinerja juga mengalami penurunan tiap tahunnya, sehingga waktu tempuh menjadi lebih lama. Hal ini menunjukan bahwa ruas jalan H.M Said memerlukan antisipasi untuk peningkatan kinerja jalan tersebut. | en_US |
dc.subject | Kapasitas ruas jalan, | en_US |
dc.subject | Derajat Kejenuhan, | en_US |
dc.subject | Tingkat Pelayanan Jalan | en_US |
dc.title | ANALISA LALU LINTAS TERHADAP KAPASITAS JALAN DI KOTA MEDAN (Studi Kasus : Jalan H.M Said) | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Sipil [285]