dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Komik Line Webtoon terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMK GBKP Kabanjahe.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif quasi Eksperimen dengan desain penelitian Two grup pretest dan posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 114 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TBSM-2 sebanyak 30 siswa dan XI TKRO-2 sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil normalitas bahwa Lhitung pretest pada kelas kontrol < Ltabel yakni 0,0878 < 0,1619 dan dimana Lhitung pretest pada kelas eksperimen < Ltabel yakni 0,1199 < 0,1619. Sementara data posttest diperoleh Lhitung kontrol < Ltabel yakni 0,1456 < 0,1619 dan Lhitung dan pada kelas eksperimen < Ltabel yakni 0.0985 < 0,1619 sehingga data dapat disimpulkan berdistribusi normal, sedangkan uji homogenitas adalah jika Fhitung < Ftabel, maka pada data Pretest diperoleh nilai Fhitung = 0,67 < Ftabel = 1,91. Sedangkan pada data Posttest diperoleh nilai Fhitung = 1,48 < Ftabel = 1,91 sehingga perbandingan data pada pretest dan posttest dapat disimpulkan data adalah homogen sehingga nilai rata-rata pretest yaitu 52,4 dengan simpangan baku 7,05 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,4 dengan simpangan baku 5,78. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (17,55 > 2,042), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media Komik Line Webtoon Di SMK Swasta GBKP Kabanjahe. | en_US |