dc.description.abstract | Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan mengananalisis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Nusantara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan menggambarkan model discovery learning dengan kemampuan menganalisis teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Nusantara (YPN) Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 216. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel berjumlah 36 orang. Dengan menggunakan teknik random sampling (teknik acak). Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes objektif untuk kemampuan menganalisis teks eksplanasi dan menggunakan tes objektif dengan model discovery leaning dalam kemampuan menganalisis teks eksplanasi. Dari analisis yang diperoleh kemampuan menganalsis teks eksplanasi sebelum menggunakan model discovery learning menunjukkan rata-rata siswa sebesar
60,97 sedangkan hasil kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan menggunakan model discovery learning menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77,50. Hasil uji hipotesi dengan uji t diperoleh thitung 2,3780 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0.5 adalah 1,6669. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel (2,3780 > 1,6669), maka hipotesis alterative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menganalisis teks eksplanasi. | en_US |