Show simple item record

dc.contributor.authormarbun, yanty
dc.date.accessioned2018-03-16T05:05:30Z
dc.date.available2018-03-16T05:05:30Z
dc.date.issued2018-01-02
dc.identifier.citationUniversitas HKBP Nommensenen_US
dc.identifier.otherPerpustakaan UHN
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/534
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) peningkatan kemampuan penalaran logis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Pematangsiantar dengan sampel 56 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan penalaran logis yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) peningkatan penalaran logis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada kemampuan penalaran logis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan penalaran logis matematis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipLPPM UHNen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas HKBP Nommensenen_US
dc.subjectPenalaran Logis Matematis, Model Pembelajaran Kooperatife tipe Think Pair Shareen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Penalaran Logis Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TIpe Think Pair Share di SMP Negeri 7 Pematang Siantaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record