Show simple item record

dc.contributor.authorTampubolon, Yenisa U
dc.date.accessioned2018-03-15T02:03:14Z
dc.date.available2018-03-15T02:03:14Z
dc.date.issued2015-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/495
dc.description.abstractSesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku, setiap mata pelajaran termasuk mata pelajaran matematika, siswa diharapkan mampu mengakumulasi pengetahuan dan mencapai kompetensi, yakni perpaduan pengetahuan, sikap serta keterampilan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai hal tersebut guru sebagai tenaga pendidik termasuk guru matematika perlu mengupayakan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas peserta didik ang memiliki aktivitas belajar yang baik. Untuk itu guru harus mampu mengelola kelas dengan baik dan memilih serta menerapkan metode atau model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan meteri pelajaran. Metode pembelajaran yang juga mempunyai peranan penting dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Teori Ausubel Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 1 kelas . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 40 orang. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar matematika siswa dalam penerapan teori Ausubel dengan menggunakan metode inkuiri. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus diterapkan teori Ausubel dengan menggunakan metode inkuiri.Berdasarkan refleksi siklus I, diambil langkah-langkah perbaikan proses pembelajaran dan dilakukan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 55.50% (siswa kurang aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 76.53% (siswa aktif). Terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa sebesar 8.13%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menerapkan teori Ausubel dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Materi kubus dan balok kelas VIII T.A. 2014/2015.en_US
dc.subjectTeori Belajar Ausubelen_US
dc.subjectMetode Inkuirien_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.titlePenerapan Teori Ausubel Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2014/2015en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record