Show simple item record

dc.contributor.authorSinaga, Eko Setiawan
dc.date.accessioned2018-03-15T01:57:34Z
dc.date.available2018-03-15T01:57:34Z
dc.date.issued2015-08-26
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/494
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – a SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2014 / 2015 yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay yang telah diujicobakan dan dinyatakan valid. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika I berjumlah 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika II berjumlah 3 soal. Penelitian ini juga menggunakan lembar observasi sebanyak dua kali pertemuan. setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : terdapat peningkatan nilai rata – rata kelas, ketuntasan individual, ketuntasan klasikal, aktivitas belajar dapat dilihat dari Terdapat peningkatan nilai rata – rata kelas dari tes awal ke siklus I sebesar 18,12 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 24,02. Dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan individual dari tes awal ke siklus I sebanyak 7 orang dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 11 orang. Terdapat peningkatan ketuntasan klasikal dari tes awal ke siklus I sebesar 27 % dan dari siklus I ke siklus II sebesar 42 %. Terdapat peningkatan nilai rata - rata aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 18,75.berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran IMPROVE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2014/ 2015. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilhat dari ketuntasan klasikal dari tes awal ke siklus I adalah sebesar 27% sedangkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 42 %, sehingga disarankan agar guru menggunakan metode pembelajaran IMPROVE untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.en_US
dc.subjectkemampuan pemecahan masalahen_US
dc.subjectmetode pembelajaran IMPROVEen_US
dc.subjectbangun ruangen_US
dc.titlePenerapan Metode Pembelajaran IMPROVE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Ajaran 2014 / 2015en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record