Show simple item record

dc.contributor.authorRajagukguk, Dosma Rohani Lestari
dc.date.accessioned2021-01-28T04:52:55Z
dc.date.available2021-01-28T04:52:55Z
dc.date.issued2020-10-01
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4924
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tiga hukum retotika atau cara mempengaruhi dan stategi penyusunan dalam pidato. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pidato Presiden Jokowi yang di unggah di Youtube. Adapun tinjauan teknik pengumpulan data melalui metode simak dan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis dalam pidato Preiden Jokowi yang menggambarkan cara mempengaruhi dan stategi penyusunan yang meliputi retorika. Cara mempengaruhi terdapat tiga yaitu berdasarkan etos sebanyak 5 atau setara dengan 20%, berdasarkan pathos ada 5 atau setara dengan 20% dan logos ada 4 atau setara dengan 16 %. Sedangkan berdasarkan strategi penyusunan ada lima yaitu invention ada 1 atau setara dengan 4%, berdasarkan dispotio ada 6 atau setara dengan 24%, berdasarkan elucatio ada 2 atau setara dengan 8%, berdasarkan memoria ada 1 atau setara dengan 4%, dan yang terakhir prontitio ada 1 atau setara dengan 4%. Penggunaan retorika yang paling banyak digunakan adalah dispotio dan yang paling sedikit yaitu prontitio dan memoria.en_US
dc.subjectRetorika,en_US
dc.subjectCara Mempengaruhi,en_US
dc.subjectStrategi Penyusunanen_US
dc.titleANALISIS RETORIKA DALAM PIDATO PRESIDEN JOKOWI “MENETAPKAN KALIMANTAN MENJADI IBU KOTA”en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record