Show simple item record

dc.contributor.authorSitumorang, Jenri Mewandy
dc.date.accessioned2021-01-26T03:12:56Z
dc.date.available2021-01-26T03:12:56Z
dc.date.issued2020-09-20
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4858
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang balok di Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang Medan T.A. 2020/2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang Medan. Dengan menggunakan teknik total Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-A) dan sebagai kelas kontrol (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan koneksi menunjukkan bahwa nilai (sig.)0,00<0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata μ_1=85,06. Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata μ_2=61,26. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang balok di Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang Medan T.A. 2020/2021. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang balok di Kelas VIII SMP Swasta Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang Medan T.A. 2020/2021.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI,en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematis,en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Bangun Ruang Balok Di SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang T.A. 2020/2021en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record