Show simple item record

dc.contributor.authorSimanullang, Exaudi E.P
dc.date.accessioned2021-01-26T03:07:30Z
dc.date.available2021-01-26T03:07:30Z
dc.date.issued2020-09-20
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4857
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situsi Covid-19 maka hanya 12 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I adalah 64,916 dengan standar deviasi 13,892 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 73,5 dengan standar deviasi 8,867. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh F_hitung = 2,45 dan F_tabel=2,82. Ternyata F_hitung< F_tabel sehingga H_0 diterima maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji Hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh t_hitung=1,84 dan〖 t〗_tabel=1,782 dimana t_hitung> t_tabel (1,84 > 1,782). Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diberi kesimpulan yaitu ada Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis antara Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Swasta Bhakti Bangsa Sei Semayang.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT,en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning danen_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematis,en_US
dc.titlePERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP SWASTA BHAKTI BANGSA SEI SEMAYANGen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record