dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa memahami istilah bahasa yang terdapat dalam teks bacaan dan untuk mengetahui kemampuan membaca cepat siswa kelas XI di Sekolah SMA Swasta Bersama Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 61 orang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu cara atau teknik penelitian yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala serta pengaruh yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif untuk variabel bebas dan tes subjektif untuk variabel terikat.
Untuk mencari pengaruh pemahaman istilah dengan kemampuan membaca cepat digunakan rumus product moment.
Rxy = (N∑▒〖XY-(∑▒〖X)(∑▒〖Y)〗〗〗)/(√({(N∑▒X^2 )-(∑▒〖〖X)〗^2}{(N∑▒Y^2 )-(∑▒〖〖Y)〗^2}〗〗)
Dari hasil analisis data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pemahaman istilah adalah 66,7541 dan nilai rata-rata kemampuan membaca cepat adalah 65,6229. Dari hasil perhitungan pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh r hitung 0,301 dan r tabel 0,252. Ternyata r hitung > r tabel (0,301 > 0,252). Berdasarkan hasil uji coba hipotesis Ha diterima sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara pemahaman istilah terhadap kemampuan membaca cepat bagi siswa kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015. | en_US |