Show simple item record

dc.contributor.authorSigalingging, Lennyanti.
dc.date.accessioned2018-03-14T10:25:14Z
dc.date.available2018-03-14T10:25:14Z
dc.date.issued2015-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/479
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan dapat meningkat melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) T.A.2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yakni, (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling yaitu kelas VIII-2 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan butir-butir angket motivasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan melalui model pembelajaran ARIAS. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor akhir observasi aktivitas guru meningkat dari 82,03 (baik) pada siklus I menjadi 86,71 (baik) pada siklus II. Begitu pula hasil skor akhir observasi aktivitas siswa meningkat dari skor 73,9 (rendah) pada siklus I menjadi 84,09 (baik) pada siklus II. (2) Penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang terlihat pada peningkatan nilai rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa pada pra siklus adalah 59,8 (motivasi sangat rendah); siklus I sebesar 76,07 (motivasi tinggi) dan siklus II sebesar 82,9 (motivasi tinggi). Presentase peningkatan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi atau sangat tinggi sebesar 56,7% dari nilai awal sebelum dilakukannya siklus sebesar 0%, siklus I sebesar 56,7% dan siklus II sebesar 90%. Dari data diatas, diketahui bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran ARIASen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Silahisabungan Melalui Model Pembelajaran ARIAS Pada Pokok Bahasan Kubus T.A 2014/2015en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record