dc.description.abstract | Di sekolah pelajaran menulis bagi siswa kurang menunjukkan secara maksimal. Sudah dimaklumi bahwa metode pembelajaran yang digunakan tentunya sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa dan tingkat prestasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Generatif (generative laerning) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Persuasif siswa Kelas X SMA RK Deli Murni Diski Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Two Group Only Postest Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA RK Deli Murni Diski yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 orang siswa. Dari populasi ditetapkan sampel secara cluster sampling, yakni 40 siswa kelas X-1 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan 40 siswa kelas X-2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah uraian menulis paragraf persuasif. Dari analisis data dan uji statistik yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menulis paragraf persuasif dengan menggunakan metode pembelajaran generatif (generative learning) memperoleh nilai rata-rata 87,25 karakter baik, sedangkan kemampuan menulis paragraf persuasif dengan menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 72,62 kategori cukup.
to = 8,26
Setelah to diketahui, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df = (N1 + N2) - 2 = 80 - 2 = 78, maka diperoleh taraf signifikan 5 % = 1,99 dan 1% = 2,64. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 1,99 < 3,74 > 2,64, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran generatif (generative learning) lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf persuasif oleh siswa kelas X SMA RK Deli Murni Diski tahun pembelajaran 2013/2014. Maka hipotesis dinyatakan dengan benar dan diterima. | en_US |