Show simple item record

dc.contributor.authorTarihoran, Lusiana.
dc.date.accessioned2018-03-14T10:01:20Z
dc.date.available2018-03-14T10:01:20Z
dc.date.issued2016-07-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/473
dc.description.abstractPenggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga pemahaman konsep matematika siswa rendah, maka pendidik berupaya menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar peserta didik dapat menerima pelajaran dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning dengan menggunakan teknik mencari pasangan (Make A Match) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi fungsi kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII-7 yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pemahman konsep matematika siswa adalah tes dalam bentuk uraian yang berjumlah 5 butir soal. Dengan menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data skor pemahaman konsep matematika siswa diperoleh Lhitung= 0,1319 jika dibandingkan Ltabel = 0,173 untuk N=25 pada taraf signifikan α = 0.05 ternyata Lhitung< Ltabel maka pemahaman konsep matematika siswa berdistribusi normal. Berdasarkan nilai pemahaman konsep matematika siswa diperoleh persamaan regresi Y ̂=17,86+0,78X. Pada persamaan regresi linier tersebut, terdapat b = 0,78 artinya kemampuan pemahaman konsep siswa akan meningkat sebesar 0,78 jika model pembelajaran Cooperative Learning dengan menggunakan teknik mencari pasangan (Make A Match )meningkat sebesar satu satuan. Hasil uji keberartian koefisien korelasi diperoleh Fhitung =11,101 dan Ftabel =2,07 ternyata Ftabel < Fhitung , maka terdapat hubungan yang signifikan antara model Cooperative Learning teknik Make A Match terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Pada uji linearitas regresi diperoleh Fhitung = 2,1525 dan Ftabel = 2,79 maka Fhitung > Ftabel, sehingga persamaan regresi dinyatakan linear. Dari hasil uji lineritas regresi dan uji keberartian regresi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning dengan menggunakan teknik mencari pasangan (Make A Match) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi fungsi kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Cooperative Learningen_US
dc.subjectTeknik Mencari Pasangan (Make A Match), pemahaman konsep matematikaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaraan Cooperative Learning Dengan Menggunakan Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record