dc.contributor.author | Rera, Astri Sari Anggita | |
dc.date.accessioned | 2020-12-05T04:20:07Z | |
dc.date.available | 2020-12-05T04:20:07Z | |
dc.date.issued | 2020-10-02 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4554 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ada Pengaruh Pendekatan Pembelajran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong. Dengan teknik pengambilan secara acak, dan sampel penelitian atau kelas eksperimennya adalah kelas VIII-B. Instrumen yang digunakan adalah post-test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi keterampilan peserta didik. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂=30.940+0.637. Untuk uji kelinieran regresi post-testi diperoleh Fhitung = 2.363 maka Fhitung < Ftabel atau 2.633 < 4.956 maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang linier antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik. Kemampuan untuk uji keberartian regresi antara X dan Y diperoleh Fhitung = 91.22 maka Fhitung > Ftabel atau 91.22 > 4.69 maka Ha diterima sehingga terdapat keberartian regresi antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik. Berdasarkan hasil analisis uji kelinieran dan uji keberartian regresi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong. Sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik. | en_US |
dc.subject | Pengaruh Pendekatan Pembelajran Kontekstual, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Konekai Matematika, | en_US |
dc.subject | Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, | en_US |
dc.subject | Peserta Didik | en_US |
dc.title | Pengaruh Pendekatan Pembelajran Kontekstual Terhadap Kemampuan Konekai Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 3 Siborongborong | en_US |