Show simple item record

dc.contributor.authorDegodona, Laurencia Primawati
dc.contributor.authorSimamora, Rani
dc.contributor.authorTafonao, Pance Efraim
dc.date.accessioned2020-11-23T07:51:18Z
dc.date.available2020-11-23T07:51:18Z
dc.date.issued2020-11-11
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4490
dc.description.abstractPeristiwa aksi demo yang melibatkan pelajar menjadi catatan buruk bagi demokrasi kita. Saat ini, paham radikalisme telah menjadi isu yang mengemuka karena eksistensinya yang mengancam siapapun tanpa pandang bulu, termasuk mengancam kalangan muda. Berbagai aksi radikalisme terhadap generasi muda kembali menjadi perhatian serius oleh banyak kalangan di tanah air. Bahkan, serangkaian aksi para pelaku dan simpatisan pendukung, baik aktif maupun pasif, banyak berasal dari kalangan muda. Hal tersebut tentu tidak boleh dibiarkan. Generasi muda Indonesia harus kembali mengkaji sekaligus mencegah segala kemungkinan radikalisme yang terjadi dikalangan mereka. Mengingat virus radikalisme dapat menjangkiti siapa saja termasuk kalangan muda yang seringkali dengan mudahnya terpengaruh sehingga kemudian ringan tangan melakukan perusakan, pertikaian, penganiayaan, dan bahkan penyerangan terhadap kelompok yang berseberangan paham dengannya. Penelitian kuantitatif ini membahas tentang peranan sekolah dan kegiatan OSIS di dalam penguatan nilai-nilai kebangsaan untuk mencegah radikalisme yang dilakukan di SMAN 5 Medan, yang hasilnya terdapat pengaruh Peranan sekolah dan Kegiatan OSIS 0,883 atau sebesar 88,3% terhadap Radikalisme secara positif dan signifikan. Jika dilihat dari koefisien Determinannya (R2) bahwa Peranan sekolah dan Kegiatan OSIS secara bersama-sama mempengaruhi Radikalisme sebesar 78% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Diperoleh bahwa F tabel sebesar 170,603 dan signifikannya sebesar 0,000. Dengan menggunakan α = 0,05 atau 5 %, maka berdasaarkan kriteria pengujian H₀ ditolak jika nilai Sig ˃ 0,05 dan H₀ diterima jika Siq < 0,05. Oleh karena 0,00 < 0,05, maka H₀ ditolak yang artinya Peranan Sekolah dan Kegiatan OSIS mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap penguatan nilai-nilai kebangsaan di Sekolah Menengah Atas (SMA) 5 Medan.en_US
dc.publisherProgram Studi Administrasi Publik UHNen_US
dc.publisherJurnal STIPRO
dc.subjectNilai-nilai Kebangsaanen_US
dc.subjectPencegahan Radikalismeen_US
dc.titleAnalisis Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Dalam Rangka Mencegah Radikalisme Di Kalangan Pelajar Pada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Di Kota Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record