dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan dengan menggunakan kepemilikan manajemen, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan (annual report), perusahaan yang diambil sebagai sampel 12 perusahaan yang dilakukan secara purposive sampling dan jumlah observasi yang dilakukan selama tahun 2015-2018 adalah 48 item observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 20.0, serta pengujian asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan Secara simultan Kepemilikan Manajemen, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh positif dan siginifikan terhadap CSRD. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung sebesar 5,707 dan signifikansi data sebesar
0,002. Dan secara parsial Kepemilikan Manajemen memiliki pengaruh positif
dengan nilai thitung sebesar 0,098 dan nilai sig sebesar 0,000< (α) 0,05. Sedangkan untuk variabel Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas secara parsial memiliki pengaruh negatif terhadap CSRD.
Kesimpulan dalam penelitian ini secara simultan Kepemilikan Manajemen, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh positif dan siginifikan terhadap CSRD . dan secara parsial Kepemilikan Manajemen sebagai variable bebas, berpengaruh positif dan signifikan, terhadap CSRD. sedangkan untuk variabel Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel CSRD
Saran dalam penelitian ini adalah agar peneliti selanjutnya diharapkan menambah jumlah sampel dan variabel independen untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. | en_US |