dc.description.abstract | Masalah dalam penelitian ini adalah efektivitas model example non example terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 8 Pakkat tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keefektivan model pembelajaran example non example terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 8 Pakkat tahun pembelajaran 2016/2017.”
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas IX SMP Negeri 8 Pakkat tahun pemebelajaran 2016/1017 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 64 orang. Dengan Desain eksperimen yang digunakan adalah Two Group Posttest-only. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes penugasan menulis cerita pendek.
Dari analisis data diperoleh hasil posttest kontrol siswa sebelum menggunakan model example non example manunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 55 sedangkan hasil posttest eksperimen siswa setelah menggunakan model example non example manunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 65. Hasil uji hipotesis denganuji-t diperoleh harga thitung = 6,578 sedangakan Nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah1,999. Oleh sebab itu, diperoleh thitung>ttabel (6,578>1,999), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulakan bahwa dengan menggunakan Model example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis cerpen. | en_US |