Show simple item record

dc.contributor.authorSimanjuntak, Ruth Mayasari
dc.contributor.authorSiahaan, Friska B
dc.contributor.authorGultom, Sanggam P
dc.date.accessioned2020-05-13T06:01:53Z
dc.date.available2020-05-13T06:01:53Z
dc.date.issued2016-09-10
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3813
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk memodifikasi model pembelajaran heuristic vee agar dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis mahasiswa dan dapat meningkatkan kemampuan kreativitas matematis rnahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 33 orang dari 108 populasi yang ada. Sampel tersebut akan dikenai dua perlakuan, yakni pembelajaran tanpa modifikasi model pembelajaran heuristic vee dan pembelajaran dengan menggunakan modifikasi model pembelajaran heuristic vee. Metode yang digunakan dalam penelitlan ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 73,48, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 57,12. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes sebelum menggunakan modifikasi model pembelajaran heuristic vee lebih tinggi daripada nilai tes sesudah menggunakan modifikasi model pembelajaran heuristic vee. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 7,14 pada taraf signifikan  = 5% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 33-1 = 32, maka diperoleh ttabel = 1,82. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya penerapan modifikasi model pembelajaran heuristic vee dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas matematis mahasiswa. Selain itu, berdasarkan analisis kategori kemampuan mengerjakan soal Metode Numerik diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas sebelum menerapkan modifikasi model pembelajaran heuristic vee adalah kurang memadai (42,4%), sedangkan kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas matematis sesudah menerapkan modifikasi model pembelajaran heuristic vee adalah memadai (72,7%). Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa modifikasi model pembelajaran heuristic vee dapat meningkatkkan kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas matematis mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2012 pada tahun pembelajaran 2015/2016.en_US
dc.publisherLPPM UHN Medanen_US
dc.subjectheuristic veeen_US
dc.subjectpemahaman konsepen_US
dc.subjectkreativitas matematisen_US
dc.titleModifikasi Model Pembelajaran Heuristic Vee Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Matematis Mahasiswa FKIP UHN Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record