Show simple item record

dc.contributor.authorSianipar, Gloria J.M
dc.date.accessioned2020-05-12T07:51:44Z
dc.date.available2020-05-12T07:51:44Z
dc.date.issued2019-02
dc.identifier.issnISN - 2550-0414
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3808
dc.description.abstractABSTRAK PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ALFAMART (STUDI KASUS PADA KONSUMEN ALFAMART DI PERUMNAS MANDALA MEDAN) Gloria J.M Sianipar, SE, M.Si sianipar.gloria28@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Alfamart Perumnas Mandala Medan. Variabel yang digunakan adalah (1) harga, (2) kualitas pelayanan dan (3) kepuasan konsumen. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di Alfamart Perumnas Mandala Medan sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Pendekatan dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji parsial dan uji simultan dengan menggunakan Softwere SPSS for windowsversi 20. Berdasarkanhasil penelitian diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 2, 063 + 0,110 X1 + 0,240 X2. Nilai α yaitu 2,063, artinya semua variabel bebas yaitu harga dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel terikatnya yaitu kepuasan konsumen. Dari hasil perhitungan Uji t (parsial) harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitung = 2,308 > ttabel =1.660 dengan signifikan sebesar 0,001,< 0.05. Variabel kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan nilai thitung = 4,017 > ttabel =1.660 dengan signifikan sebesar 0,000,< 0.05. Secara simultan, variabel harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung = 24, 987> Ftabel = 3.09 dengan nilai signifikansi 0,000 < dari 0,05. Dari hasil determinasi (R2) diperoleh nilai R2 = 42.1 % variabel kepuasan konsumen (Y) dipengaruhi harga dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 57,9 % dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherLembaga Pengembangan Pendidikan Manajemen Teknologi dan Bimbingan Masyarakat Makariozen_US
dc.relation.ispartofseriesVolume 3;Nomor 1
dc.subjectHarga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumenen_US
dc.titlePengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Alfamart (Studi Kasus Pada Konsumen Alfamart Di Perumnas Mandala Medan)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record