Show simple item record

dc.contributor.authorSitanggang, Mariani
dc.date.accessioned2018-03-13T06:46:53Z
dc.date.available2018-03-13T06:46:53Z
dc.date.issued2017-08-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/370
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas X SMAN 1 Bandar Perdagangan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X-6 SMAN 1 Bandar Perdagangan berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan refleksi siklus I, dilakukan perbaikan pada siklus II. Nilai rata-rata observasi guru di siklus I 3.05 dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 3.76 kategori sangat baik, sedangkan nilai rata-rata observasi siswa pada siklus I 46.89% dengan kategori aktif, sedangkan pada Siklus II sebesar 84.37% pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh pada kemampuan pemecahan masalah pada tes awal 44.89% setelah diberi tindakan meningkat menjadi 68.75% di siklus I dan menjadi 90.63% di siklus II, sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis siswa pada tes awal diperoleh 48.425% meningkat menjadi 65.5% di siklus I dan 84.3% di siklus II. Ketuntasan belajar individual meningkat untuk kemampuan pemecahan masalah dimana tes awal hanya 4 orang memperoleh nilai ≥ 65, pada pos tes I meningkat menjadi 22 orang, pada pos tes II meningkat menjadi 30 orang, sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis pada tes awal terdapat 7 orang yang mendapat nilai ≥ 65, pada pos tes I meningkat menjadi 20 orang, pada pos tes II meningkat menjadi 27 orang. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada tes awal adalah 44.89 meningkat menjadi 63.022 di siklus I dan 76.362 di siklus II, sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada tes awal adalah 48.425 meningkat menjadi 68.5 pada siklus I dan 75.6 pada siklus II. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Gallery Walk berbantuan LKS dan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa di kelas X SMAN 1 Bandar Perdagangan.en_US
dc.subjectpemecahan masalahen_US
dc.subjectkomunikasi matematisen_US
dc.titlePENERAPAN METODE GALLERY WALK BERBANTUAN LKS DAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMAN 1 BANDAR PERDAGANGAN T.A 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record