dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis dimensi seperti bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien pada UPT Puskesmas Paranginan. Populasi dalam penelitian ini adalah 95 pasien, penentuan sampel dilakukan dengan rumus slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 10%.
Dalam penelitian ini menggunakan model regresi berganda. Hasil pengujian secara persial (uji-t) menunjukkan bahwa variabel kehandalan, empat berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien, kecuali variabel bukti fisik, ketanggapan, jaminan yang mempunyai pengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Hasil uji koefisien determinasi (r2) menunjukkan nilai r square 0,906 yang berarti bahwa variabilitas bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dapat menjelaskan variabelitas kepuasan pasien sebesar 0.906 %. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Berdasarkan penelitian ini maka dapat diajukan saran kepada UPT PuskesmasPeranginan untuk mempertahankan kualitas pelayanan yang diberikan dan juga meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga kepuasan dapat maksimal. | en_US |