dc.description.abstract | Melalui Relaxing Music With Nature Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 40 Medan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas dengan keseluruhan populasi kelas VII sebanyak 286 siswa. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang dengan total 1 kelas yang dipilih secara teknik cluster sampling yaitu kelas VIIIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa Penugasan yaitu menulis Puisi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis menggunakan uji “t”.
Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji “t” pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1, dk= (30-1=29) maka dk 29 diperoleh taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar 2,045. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa thitung> ttabel = 22,16 > 2,045. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis diterima Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Metode Hypnoteaching Melalui Relaxing Music With Nature berpengaruh Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 40 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 | en_US |