Show simple item record

dc.contributor.authorNadeak, Adiel S,P
dc.date.accessioned2019-11-25T02:54:15Z
dc.date.available2019-11-25T02:54:15Z
dc.date.issued2019-09-13
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/3311
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menjadi salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pelajaran dikelas. Peneliti menggunakan model pembelajaran pendekatan Open Ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik dan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Open Ended dengan alat peraga dapat meningkatan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi trigonometri di kelas X SMA N 1 Sunggal T.P 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Sunggal tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini ditetapkan 1 kelas dari 2 kelas yang ada, yaitu kelas X IPA 4 yang berjumlah 36 orang. Adapun Instrumen Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah Tes kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah serta observasi. Tes ini terdiri dari tes Siklus I dan tes Siklus II. Dalam penelitian ini, meningkatnya kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik apabila; pertambahan nilai rata –rata yang diperoleh peserta didik adalah ≥75. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan apabila ≥ 80% dari seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥70 untuk kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah, maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil penelitian dua siklus tersebut diperoleh data pada siklus I dalam kemampuan pemahaman konsep secara klasikal 80%. Dari siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 91,67%. Dengan kata lain, kemampuan pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 16,67%. Dan dalam kemampuan pemecahan masalah secara kalsikal 80%. Dari siklu I sebesar 66,7% dan siklus II sebesar 91,67%. Dengan kata lain, kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 25%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah dari siklus I ke siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Open Ended dengan alat peraga dengan dapat meningkatan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi trigonometri di kelas X SMA N 1 Sunggal T.P 2018/2019.en_US
dc.subjectPenerapan Pendekatan Open Ended ,en_US
dc.subjectTrigonometri,en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Open Ended dengan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsepdan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Trigonometri Kelas X SMA N 1 Sunggal T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record