dc.description.abstract | Perkembangan dunia usaha semakin meningkat begitu pula dengan tingkat persaingan antara sesama perusahaan. Banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk dapat mempertahankan kelangsungannya di dunia bisnis. Beberapa di antaranya yaitu mengenai media sosial dan media cetak yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh media sosial dan media cetak terhadap keputusan pembelian da pengaruh media sosial dan media cetak secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian kartu smartfren pada Mahasiswa Fisipol Universitas HKBP Nommensen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua Mahasiswa Fisipol yang masih aktif lebih dsri satu kali dan sampel dalam penilitian ini diambil dengan menggunakan formula Slovin dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis melalui uji-t danuji-F, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan secara simultan (uji-F), terlihatbahwa F- hitung (2,397) > F-tabel (3,110) dengan sig. sebesar 0,098 yang berarti variable media sosial dan media cetak secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi dilihat dari nilai R Square sebesar 0,060 yang berarti Kart Paket Smartfren Pada Mahasiswa Fisipol di Universitas HKBP Nommensen dapat dipengaruhi oleh media sosial dan media cetak sebesar 6% sedangkan sisanya 94% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. | en_US |