dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi lingkaran di kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasy eksperimen) dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik Kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan T.P. 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-B diperoleh dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes uraian. Hasil kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi lingkaran dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂_1 = 5,53 + 0,94X. Pengaruh model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi lingkaran sebesar 68% dan sisanya 32% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi lingkaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) diperoleh bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang linier positif dengan persamaan regresi Y ̂_2 = 4,01 + 0,97X. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran sebesar 84% dan sisanya 16% dipengaruhi oleh faktor lain. | en_US |