Show simple item record

dc.contributor.authorPurba, Rut Natalia
dc.date.accessioned2019-11-08T07:36:51Z
dc.date.available2019-11-08T07:36:51Z
dc.date.issued2019-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2964
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian: Siswa kelas VIII-A dengan jumlah 29 orang dan objek penelitian: Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran matematika cooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa pada materi peluang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat bagaimana aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar untuk pemahaman konsep diperoleh pada siklus I persentase siswa yang tuntas 62,06% meningkat pada siklus II menjadi 86,20% atau mengalami peningkatan sebesar 24,14%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan individu sebanyak 18 siswa dan pada siklus II bertambah menjadi 25 siswa. Untuk berpikir Kritis diperoleh pada siklus I persentase siswa yang tuntas 55,17% meningkat pada siklus II menjadi 82,75% atau mengalami peningkatan sebesar 27,58%. Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan individu sebanyak 16 siswa dan pada siklus II bertambah menjadi 24 siswa. Sedangkan, hasil analisis observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa aktif sebesar 50% meningkat pada siklus II menjadi sebesar 93,10 %. Nilai rata-rata observasi guru di siklus I 2,84 dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 3,46 kategori baik. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran matematika cooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Nasrani 5 Medan pada materi persamaan peluang. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran matematika cooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar dalam kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa.en_US
dc.subjectPemahaman Konsep,en_US
dc.subjectBerpikir Kritis,en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT)en_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Materi Peluang Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nasrani 5 T.P. 2018/2019 Oleh :en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record