Show simple item record

dc.contributor.authorPardede, Margaretha
dc.date.accessioned2019-09-16T07:25:19Z
dc.date.available2019-09-16T07:25:19Z
dc.date.issued2019-08-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2727
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran realistic mathematic education efektif terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sipahutar. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 84,285 dan rata-rata post-test untuk kemampuan komunikasi 82,294 dan rata-rata post-test untuk kemampuan pemecahan masalah 81,529. Berdasarkan indikator efektivitas diperoleh ketuntasan belajar secara individual,terdapat 33 orang peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh nilai 60 untuk kemampuan komunikasi, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal adalah sebesar 94,28%. Dan ketuntasan belajar secara individual,terdapat 32 orang peserta didik yang tuntas dalam belajar yang memperoleh nilai 60 untuk kemampuan pemecahan masalah, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal adalah sebesar 91,42%. Data observasi aktivitas belajar peserta didik adalah sebesar 84,285.Data observasi aktivitas belajar peserta didik mencapai nilai 75-100, data respon peserta didik memiliki rata-rata 3,377 dan alokasi waktu memiliki rata-rata 3,571 dan masuk kategori baik dan hasil pengamatan observasi aktivitas guru dalam menggunakan model realistic mathematic education masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran realistic mathematic education efektif terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dikelas XI SMA Negeri 1 Sipahutar sehingga model RME ini baik untuk digunakan guru dalam pembelajaran.en_US
dc.subjectapakah model pembelajaran realistic mathematic education efektifen_US
dc.subjectkemampuan komunikasi danen_US
dc.subjectPemecahan Masalah Matematikaen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI SMA NEGERI 1 SIPAHUTAR T.A 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record