Show simple item record

dc.contributor.authorAMBARITA, ANNA
dc.date.accessioned2018-03-10T05:22:23Z
dc.date.available2018-03-10T05:22:23Z
dc.date.issued2014-03-30
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/269
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan menggunakan Alat Peraga dengan Tanpa Alat Peraga atau metode Konvensional pada Materi pokok Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhannya di kelas VII SMP Swasta Santa Maria Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara T.A 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Swasta Santa Maria Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara T.A 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas, yang berjumlah 72 siswa, sampel dalam penelitian ini terdirindari kedua kelas tersebut yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa maka penelitian ini menggunakan Total Sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda terdiri dari 10 soal dengan 4 pilihan. Untuk mngetahui Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Alat Peraga Dan Tanpa Alat Peraga setelah memenuhi syarat uji normalitas dan uji homogenitas maka dilakukan uji hipotesis atau uji t. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata – rata pretes adalah 42,57 dan nilai rata 0- rata postes setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Alat Peraga adalah 72,57. Nilai rata – rata kelas kontrol 40,54 dan nilai rata – rata postes adalah 61,07. Data kedua kelompok kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil pengujian pretes menggunakan uji t dua pihak menunjukkan kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama, dan postes menggunakan uji t satu pihak nmenunjukkan adanya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan Alat Peraga, ini berarti bahwa nilai rata – rata postes pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar dengan menggunakan yang diajar dengan menggunakan Alat Peraga lebih baik dari pada hasil belajar IPS Terpadu yang diajar dengan metode konvensional kelas VII SMP Swasta Santa Maria Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara T.A 2014/2015.en_US
dc.subjectmetode Konvensionalen_US
dc.subjectMateri pokok Manusiaen_US
dc.titlePerbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Alat Peraga Dan Tanpa Alat Peraga Pelajaran IPS Terapadu Kelas VII SMP Swasta Santa Maria Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara T.A.2014/2015.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record