Show simple item record

dc.contributor.authorBr. Simanjuntak, Julianti
dc.date.accessioned2019-06-21T07:05:49Z
dc.date.available2019-06-21T07:05:49Z
dc.date.issued2019-03-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2337
dc.description.abstractPenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapengaruh model Dramatic Learningterhadapkemampuanbermain drama siswakelas XI SMK Negeri 1 Medan TahunPembelajaran 2018/2019. Model Dramatic Learningmerupakan model yangmengambilkonsepdari Ferdinand Brunetiere dan Balthazar (dalamShoimin, 2014:71-73).Menurutnya drama adalahkesenian yang melukiskansifatdansikapmanusiadenganaction(pergerakanpemain di pentas) danperilaku.Kemudiandefenisidihubungkandengandimensilakonnyasaja.Untukmeningkatkankemampuanberbicaradanberimajinasidalambermain drama. PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganmetodekuantitatifdengandesainpenelitianOne-Group-Pretest-PostestDisign yang dilaksanakansebanyakempatsiklus.Sikluspertama proses belajardanpembelajaransebelum xii menggunakan model, sikluskeduamementaskansebuah drama dengannilai rata-rata di bawahnilai KKM , siklusketigamengenalkan model Dramatic Learningdalam proses belajardanpembelajaran, dansikluskeempatmementaskansebuah drama yang berbedadenganmencapainilai rata-rata di atas KKM. Dalampengumpulan data diperolehmelaluiobservasidantespraktik/perfomancebermain drama.Adapuninstrumen yang digunakanlembarnaskahdanlembarpenilaian. Nilai rata-rata setelah menggunakan model Dramatic Learningadalah 80.44, sedangkannilai rata-rata sebelum menggunakan model Dramatic Learningadalah66.22.Selainitu, berdasarkananalisiskategorikemampuanbermain dramadiperolehkesimpulanbahwakemampuanbermain dramasebelummenerapkanmodel Dramatic Learningtermasukdalamkategoribaik (27.78%) sedangkankemampuanbermain dramasesudahmenggunakan model Dramatic Learningtermasukdalamkategorisangatbaik(38,89%). Dengandemikiandapatdikatakanbahwanilaitessebelummenggunakanmodel Dramatic Learningjauhlebihrendahdaripadanilaitessesudahmenggunakanmodel Dramatic Learning. Berdasarkanpenjelasandan data di atas, dapatdisimpulkanbahwapenerapan modelDramatic Learningdapatmeningkatkankemampuanbermain dramapadasiswakelas XI SMK Negeri 1 Medan TahunPembelajaranen_US
dc.subjectModel Dramatic Learning,en_US
dc.subjectBermain Dramaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL DRAMATIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record