Show simple item record

dc.contributor.authorSIJABAT, OSCO PARMONANGAN
dc.date.accessioned2019-05-08T04:35:29Z
dc.date.available2019-05-08T04:35:29Z
dc.date.issued2017-12-31
dc.identifier.citationUniversitas HKBP Nommensenen_US
dc.identifier.urirepository.uhn.ac.id
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2179
dc.description.abstractPenelitian dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa yang beralamat di Jln. Sisingamangaraja Balimbingan Tanah Jawa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 35 orang dan subjek penelitian ini adalah model pembelajaran scramble. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Dari analisis data hasil belajar siswa diperoleh bahwa sebelum terjadi penggunaan model pembelajaran jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 7 siswa (20%) dengan nilai rata-rata 52 dan pada siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 15 siswa (42,86%) dengan nilai rata-rata 61,14. Dan pada tes siklus II jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 30 siswa (85,71%) dengan nilai rata-rata 76. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa Tahun Ajaran 2017/2018.en_US
dc.description.sponsorshipUNIVERSITAS HKBP NOMMENSENen_US
dc.publisherrepository.uhn.ac.iden_US
dc.subjectModel Pembelajaran, Scramble, Hasil Belajar.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA TELADAN TANAH JAWA TAHUN AJARAN 2017/2018en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record