Show simple item record

dc.contributor.authorSolin, Krispa Y. Rukmana
dc.date.accessioned2018-11-29T03:31:58Z
dc.date.available2018-11-29T03:31:58Z
dc.date.issued2018-09-12
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1768
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan keterampilan proses berbantuan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.P. 2018/2019 pada materi trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK khususnya kelas X Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ) dan objek yang diteliti adalah kemampuan pemahaman matematis peserta didik dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses berbantuan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran trigonometri. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana satu siklus berlangsung 2 pertemuan. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian dan lembar observasi untuk kegiatan guru dan kegiatan peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ada 15 orang yang tuntas secara individual dimana nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman matematis siswa adalah 63 dengan ketuntasan secara klasikalnya sebanyak 36,59%. Kemudian, pada siklus II ada 32 orang yang tuntas secara individual dimana nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman matematis siswa adalah 72 dengan ketuntasan secara klasikalnya sebanyak 78,05%. Ini berarti terjadi peningkatan/perbaikan hasil kemampuan pemahaman matematis peserta didik dari siklus I ke siklus II. Selama pembelajaran dilaksanakan pada siklus I dan II, hasil observasi peserta didik mengalami peningkatan masuk pada kategori sangat aktif dan aktif dan hasil dari observasi kegiatan guru (peneliti) juga berada pada kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses berbantuan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik.en_US
dc.subjectmedia pembelajaran interaktifen_US
dc.subjectmeningkatkan kemampuan pemahaman matematisen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Keterampilan Proses Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.P. 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record