dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tarutung T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tarutung T.P. 2018/2019. Dengan teknik Simple Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-A). Instrumen yang digunakana adalah post test dari hasil belajar yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi keterampilan proses peserta didik. Dari uji keberartian regresi (komunikasi matematis) diperoleh 25,669> 4,20 dan untuk (koneksi matematis) diperoleh 16,779 > 4,20 Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X mempunyai pengaruh yang berarti terhadap Y1 dan Y2 atau pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi matematis peserta didik. Dari uji keberartian koefisien (komunikasi matematis) diperoleh thitung = 5,069 dan (koneksi matematis) thitung = 4,096 dan ttabel = 1,701. Kareana dilihat dari kedua kemampuan thitung> ttabel maka pengujian hipotesis tolak HO dan Ha diterima, maka ada hubungan yang berarti pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi dan koneksi matematis peserta didik. Dari hasil di atas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematis dan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media pembelajaran terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. | en_US |