dc.description.abstract | Penelitianini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan bahan ajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas VIII SMP NEGERI 2 Dolok Pardamean T.P 2018/2019. Jenis penelitian iniadalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswakelas VIII dan sampel kelas VIII-C.Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa.
Dari hasilperhitungandiperolehpersamaan regresi (Y_ ) ̂ = 43,537 + 0,065X Untuk uji kelinearan regresi diperolehFhitung= 0,289 maka Fhitung<Ftabel atau0,289< 2,42 karena Ha diterima makaterdapat hubungan yang linearantarapembelajaran KooperatifTipe Think Pair Share berbantuan bahan ajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikapeserta didik. Setelahitudilakukanuji keberartian regresi antara X terhadap Y diperoleh Fhitung= 518,407maka Fhitung≥ Ftabelatau518,407≥ 4,20, Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti antarapembelajaran KooperatifTipe Think Pair Shareberbantuan bahan ajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikapeserta didik.Berdasarkan hasil analisis ujikelinieranregresi danujikeberartianregresi, disimpulkanterdapatpengaruh yang berartiantarapembelajaranKooperatif Tipe Think Pair Shareberbantuan Bahan ajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikapeserta didik.Dari hasildiatas dapatdisimpulakanada pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shareberbantuan Bahan ajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematikapeserta didik.Sehingga diharapkan pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. | en_US |