Show simple item record

dc.contributor.authorSimamora, Meliani
dc.date.accessioned2018-11-19T02:06:08Z
dc.date.available2018-11-19T02:06:08Z
dc.date.issued2018-10-01
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1647
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran modified discovery inqury terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri1 Silima Pungga-pungga Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP 1 Silima Pungga-pungga. Sampel terdiri dari 32 orang yaitu peserta didik kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tesuraian yang telah valid dengan reliabilitas untuk soal satu yaitu 0.434 dimana rhitung > rtabel dengan jumlah soal sebanyak 8 butir, 5 butir soal dinyatakan valid dan reliabel, dan 3 soal dinyatakan tidak reliabel. Nilai rata-rata hasil observasi pada kelas eksperimen 82.5. Dari hasil analisis data observasi kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0.323 dan Ltabel = 0,156 atau Lhitung < Ltabel. Sehingga disimpulkan data observasi kelas eksperimen berdistribusi normal. Nilai rata-rata hasil Post-test pada kelas eksperimen 85,59. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi( Y) ̂ = 56,46 + 0.353 X. Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier (b)= 0.353 bertanda positif, yang artinya bahwa kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang linier dan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel meningkat dengan pengaruh metode modified discovery inqury sebesar 0.9202 kali. Sehingga hasil perhitungan uji keberartian regresi data post-test pada sampel diperoleh Fhitung= 344,7 artinya H0 diterima dan Ha di tolak sehingga terdapat pengaruh metode modified discovery inqury terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Kemudian koefisien korelasi (r) sebesar 0,962, maka terdapat hunbungan yang kuat dan berarti antara metode modified discovery inqury terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik dan sebesar 92,02% besar pengaruh metode modified discovery inqury terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Sehingga di simpulkan bahwa terdapat pengaruh metode modified discovery inqury terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri1 Silima Pungga-pungga TahunPejaran 2018/2019.en_US
dc.subjectmetode pembelajaran modified discovery inquryen_US
dc.subjectkemampuan pemahaman konsep matematikaen_US
dc.titlePengaruh Metode Modified Discocery Inqury Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel kelas VIII SMP Negeri 1 SilimaPungga-punggaT.P 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record