dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranContextual Teaching and Learning (CTL)terhadap kemampuanpemahamanmatematisdan kreativitas matematika siswa pada materi operasi aljabar pada siswa kelas VIIISMPT.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment research) dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Merek T.P. 2018/2019. Dimana pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen (VIII-3). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validitas instrumen serta lembar observasi aktivitas siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi untuk Y1 diperoleh Y ̂=28,611+0,629 X, dan persamaan regresi untuk Y2 diperoleh Y ̂=10,865+0,852 X. Kemudian dilakukan uji kelinearan regresi sehingga diperoleh Fhitung< Ftabel dimana untuk X terhadap Y1 diperoleh 3,14720 < 4,20, dan pada X terhadap Y2 diperoleh -2,486< 4,20maka Ha diterima sehingga kedua variabel mempunyai hubungan yang linear. Setelah itu dilakukan uji keberartian regresi dengan Fhitung> Ftabel dimana untuk X terhadap Y1 diperoleh 45,941 > 4,20, dan pada X terhadap Y2 diperoleh 27,217 > 4,20, maka Ha diterima sehingga terdapat hubungan yang berarti. Hasil perhitungan koefisien determinasi pada X terhadap Y1diperoleh r2 = 62,13% dan pada X terhadap Y2 diperoleh r2 = 54,22%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaranContextual Teaching and Learningterhadapkemampuan pemahaman matematis dan Kreativitas matematikasiswa pada materi operasi aljabar padasiswa kelas VIII SMP Negeri 1merek, sehingga dapat diterapkan menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kreativitas matematika. | en_US |