dc.description.abstract | Padatahun-tahunsaatinitelahbanyaksekalipenyimpangan moral yang dilakukanolehsiswa-siswabaik di dalamsekolahataupun di luarsekolah.
Salah satuupaya yang dilakukanolehorangtuaialahmengajarkanaak-anaknyatentangpendidikan moral sejakdini. Dapat dimulai dengan mengajarkan merekaberdoa, beribadah, membaca Alkitabdanmengajarkankasihkepadaanak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh PAK dalamKeluargaterhadapPerkembangan Moral siswa Medan T.A 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Gajah Mada Medan yang berjumlah 2 kelas. Dimana sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dikarenakan dalam penelitian ini sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IX sebanyak 30 orang siswa. Dimana sampel yang dipilih sesuai dengan roster yang telah disesuaikan sehingga kelas yang diberikan angket dilaksanakan pada hari yang bersamaan.
Penelitian ini menggunakan satu jenis penelitian yaitu metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara memberikan angka dari data yang telah diperoleh dari hasil penelitian berdasarkan ukuran ketetapan yang ada. Sebelum soal angket diujikan terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas dan regresi
Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 3,83 > ttabel 1,701. Ternyata diperoleh thitumg> ttabel sehingga dapat disimpulkan Ha diterimadanHo ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara PAK dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Moral SiswaKelas IX SMP Gajah Mada Medan T.A 2015/2016. | en_US |