Show simple item record

dc.contributor.authorSiahaan, Theresia Monika
dc.date.accessioned2018-06-28T03:41:04Z
dc.date.available2018-06-28T03:41:04Z
dc.date.issued2018-04-01
dc.identifier.issn2579-6550 (online)
dc.identifier.issn2528-4363 (print)
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1410
dc.descriptionTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan think pair square pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, (2) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap siswa antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan think pair square, dan (3) untuk mengetahui proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa terhadap tes kemampuan pemecahan masalah matematis antara pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan kooperatif tipe think pair square. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri Pematangsiantar, dan sampelnya dipilih secara acak yaitu SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 3 Pematangsiantar dengan VII-4 dan VII-5 sebagai kelas eksperimen 1 dan VII-5 dan VII-7 sebagai kelas eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 68 orang. Penelitian ini menggunakan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran think pair share dengan siswa yang diberi model pembelajaran think pair square, (2) Sikap siswa terhadap matematika yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik secara signifikan dari siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square, dan (3) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan mengunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Square.en_US
dc.description.abstractThe aims of this research is (1) to know there is the diffrentiation of students' mathematical problem solving who teach between Kooperatif Think Pair Share and Think Pair Square, (2) to know there is the diffrentation of student’s attitude Kooperatif Think Pair Share and Think Pair Square, and (3) describe the process problem solving between cooperatif Think Pair Share and Think Pair Square. The research is kuasi eksperiment. The population of this research are all of students in SMP N Pematangsiantar, and the sample chosen is random, SMP Negeri 9 and SMP Negeri 3 Pematangsiantar with VII- 4 and VII-5 as the eksperiment class 1 and VII-5 and VII-7 as eksperimen class 2 with 68 students every class eksperiment. This research uses two ways ANACOVA test. The results of this research shown that: (1) there is diffrentation in mathematical problemsolving from students who teach between Kooperatif Think Pair Share and Think Pair Square, (2) the atttitude of students who teach with kooperatif Think Pair Share better than the students who teach with Think Pair Square, and (3) the process of students answers who are taught with the Think Pair Share better than Think Pair Square.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMES (Journal of Mathematics Education and Science )en_US
dc.relation.ispartofseriesVol. 3;No. 2
dc.subjectThink Pair Shareen_US
dc.subjectThink Pair Squareen_US
dc.subjectProblem Solving Mathematical Abilityen_US
dc.subjectStudent’s Attitudeen_US
dc.titlePerbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa Yang Diberi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Tipe Think Pair Square pada SMP Negeri Pematangsiantaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record