Show simple item record

dc.contributor.authorLumbanraja, Mesrauli
dc.date.accessioned2018-05-23T05:52:52Z
dc.date.available2018-05-23T05:52:52Z
dc.date.issued2017-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1301
dc.description.abstractCo-op Co-op menempatkan tim dalam kerjasama antara satu sama lain untuk mempelajari topik kelas. Co-op Co-op memungkinkan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diri mereka sendiri dan dunia, dan kemudian memberi mereka kesempatan untuk berbagi pemahaman baru dengan rekan-rekan mereka. Desain pembelajaran Co-op Co-op menyentuh setiap aspek dari proses menulis. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan desain penelitian eksperimental kuantitatif. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah pengajaran menulis teks naratif dengan menggunakan teknik Co-op Co-op efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dengan demikian, peneliti memilih dua kelompok untuk penelitian ini; mereka adalah kelompok eksperimental dan kontrol. Populasi yang dipilih adalah 60 siswa dikelas XI di SMAN 2 Panai Hilir. XI-IPA sebagai kelompok eksperimental dan XI-IPS sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok diberi pre-test dan post-test. Skor dari pre-test dan post-test digunakan untuk mengumpulkan data. Dari data, peneliti membuat perhitungan statistik dengan menggunakan t-test dan analisis untuk menjawab pertanyaan penelitian. Dari hasil perhitungan t-test, nilai t- adalah 3.29, sedangkan t-tabel adalah 1,671 di tingkat signifikan .05 dengan derajat kebebasan 58. Itu artinya Ha (alternatif hipotesis) diterima sementara Ho ( null hipotesis ) ditolak . Oleh karena itu disimpulkan bahwa Co-op Co-op teknik berpengaruh secara signifikan terhadap penulisan teks naratif pada siswa kelas dua di SMA N 2 Panai Hilir . itu disarankan untuk para mahasiswa pendidikan bahasa inggris sebagai sumber pengetahuan berharga dan informasi saat melakukan penelitian yang berkaitan dengan pelajaran.itu juga disarankan agar guru mata pelajaran bahasa inggris harus menerapkan teknik Co-op Co-op sebagai salah satu cara alternatif dalam pengajaran menulis untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa.en_US
dc.subjectCo-op co-op Techniqueen_US
dc.subjectWriting narrative texten_US
dc.titleThe Effect of Co-op Co-op Technique on Writing Narrative Text of Second Grade Students at SMA N 2 PANAI HILIRen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record