• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Teknik
    • Sipil
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Teknik
    • Sipil
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISA KINERJA BUNDARAN LENGAN TIGA PADA JALAN Ir. H. JUANDA

    Thumbnail
    View/Open
    Rahmat S. Silitonga.pdf (366.4Kb)
    Date
    2025-09
    Author
    Silitonga, Rahmat S.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Transportasi melalui jalan darat merupakan transportasi yang paling dominan dibandingkan dengan sistem transportasi lainnya. Oleh karena itu masalah yang dihadapi oleh hampir sebagian kota besar di Indonesia ini berkaitan dengan kemacetan yang diakibatkan oleh penumpukan kendaraan setiap harinya. Dengan kata lain transportasi sangat penting bagi perkembangan berbagai aktivitas masyarakat. Semakin besar aktivitas tersebut, semakin besar pula dampak yang ditimbulkan dari transportasi. Transportasi akan berjalan lebih efektif jika didukung oleh jaringan transportasi yang memadai. Peluang antrian bundaran merupakan nilai persen nilai persen tertinggi dari peluang antrian jalinan. Artinya persen peluang antrian bundaran diambil dari peluang antrian tertinggi. Dari perhitungan peluang antrian jalinan didapat peluang antrian bundaraan adalah 11,89 sampai dengan 43,63 persen. Tingkat pelayanan (LOS) pada suatu bundaran menunjukkan kondisi secara keseluruhan bundaran tersebut. Tingkat pelayanan bundaran ditentukan berdasarkan nilai tertinggi derajat kejenuhannya, nilai dari derajat jenuh bundaran adalah sebesar 0,69 (0,50 < DJ ≤ 0,75). Berdasarkan tabel 2.8 tingkat pelayanan, maka diperoleh bahwa tingkat pelayanan bundaran Jl. Ir. H. Juanda dan Jl. Saman Hudi berada pada kondisi pelayanan C dimana “kondisi arus lalu lintas stabil, kecepatan berkurang, interaksi antar kendaraan meningkat’’. Sebagai kesimpulan, dari hasil penelitian ini di dapatkan tingkat pelayanan pada bundaran Ir. H. Juanda dengan kondisi arus lalu lintas kemacetan parah, lalu lintas tidak bergerak atau bergerak sangat lambat, dengan peluang antrian sebesar 11,89%-43,63% dan tundaan lalu lintas-nya sebesar 4,76 detik/smp. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang jaringan jalan dan perannya dalam pengembangan sistem transportasi kota.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/12744
    Collections
    • Sipil [382]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback