PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP CELEBRITY WORSHIP PENGGEMAR K-POP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap Celebrity Worship (pemujaan selebriti) pada penggemar K-Pop. Subjek dalam penelitian ini adalah para penggemar K-Pop di seluruh Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah penggemar K-Pop yang berdomisili di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Untuk menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan teknik quota sampling. Pada tahap pelaksanaan, peneliti menyebarkan skala melalui Google Form dan kuesioner kepada 150 responden yang merupakan penggemar K-Pop di Indonesia. Pengujian hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap Celebrity Worship pada penggemar K-Pop. Berdasarkan hasil uji normalitas, diketahui bahwa data tidak berdistribusi normal, yang menunjukkan adanya variasi signifikan di antara responden. Sementara itu, hasil uji linearitas menunjukkan tidak adanya hubungan linear antara religiusitas dengan Celebrity Worship. Namun, hasil uji T menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kedua variabel (p < 0,05), yang berarti bahwa religiusitas memiliki dampak terhadap tingkat Celebrity Worship seseorang. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang, maka semakin besar kemungkinan individu tersebut memiliki keterikatan emosional yang lebih kuat terhadap selebriti yang mereka idolakan.
Collections
- Ilmu Psikologi [311]