PENERAPAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI HAK ASASI MANUSIA PADA PELAJARAN PPKN SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN
Abstract
Gaya pengajaran guru di kelas adalah salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap semangat belajar siswa. Oleh karena itu, pemilihan kegiatan ice breaking dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting untuk meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bagaimana penerapan ice breaking meningkatkan semangat belajar siswa dan dampak penerapan ice breaking pada kelas VIII SMP Swasta Parulian 2 medan,Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di SMP Swasta Parulian 2 medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan ice breaking dalam pembelajaran PPKn di SMP Swasta Parulian 2 Medan sangat berdampak pada partisipasi dan semangat belajar siswa.