Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Mutu Belajar Siswa Di SMP Madya Utama Medan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Kurikulum dalam Meningkatkan Keaktifan dan Mutu Belajar Siswa di SMP Madya Utama Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualiatatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru PPKn dan siswa kelas VII.
Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Madya Utama telah terlaksana dengan baik. Dengan mendapat dukungan dari pihak sekolah melalui pelatihan implementasi kurikulum merdeka dan pelatihan mandiri melalui platform kurikulum merdeka. Dengan adanya kurikulum merdeka membantu siswa untuk lebih aktif di dalam kelas. Siswa lebih aktif bertanya, diskusi dan mengemukakan pendapat serta menjawab pertanyaan guru. Kemudian untuk kendala yang ditemukan yaitu kesulitan dalam menyusun modul ajar, kurangnya penguasaan teknologi.