PERAN GURU BIDANG STUDI DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI DI SMA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN 2025
Abstract
Berdasarkan hasil Observasi awal yang dilakukan oleh penulis, tentang peran guru yang dijalankan dalam kaitannya pendidikan karakter pada siswa peneliti menemukan bahwa siswa yang sering datang terlambat, siswa yang tidak menggunakan atribut sekolah, tidak berpakaian rapi, siswa yang tidak menjaga kebersihan, siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bidang studi dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa kelas XI di SMA HKBP Sidorame medan tahun 2025 dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan menanamkan pendidikan karakter di SMA HKBP Sidorame Medan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu Reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan wawancara dan angket bahwa peran guru kelas dalam menanamkan pendidikan karakter pada siswa kelas XI SMA HKBP Sidorame Medan “Baik” Hasil angket yang penulis dapatkan dalam penelitian ini 62,00% berada pada interval 61 - 80%.