dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media padlet terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2024/2025 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 265 orang, dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang yakni kelas X MP 2 Yang dipilih secara simple random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest- posttest design dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dan untuk memperoleh data instrument yang digunakan adalah tes penugasan.
Dari analisa data diperoleh hasil pretest siswa sebelum menggunakan media padlet menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 54,25 sedangkan hasil posttest siswa sesudah menggunakan media padlet menunjukkan bahwa nilai rata- rata siswa sebesar 74,5 .
Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga ��ℎ���������� = 10,4146 sedangkan nilai ������������ pada taraf signifikan ∝= 0,05 adalah 1,6698 oleh s.ebab itu diperoleh ��ℎ����������>������������(10,4146 > 1,6698) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media padlet efektif digunakan dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2024/2025. | en_US |